Minggu, 15 Februari 2015

Gebyar pramuka MAN Pegasing




“ GEBYAR PRAMUKA PERSAMI DI BUMI PERKEMAHAN MAN PEGASING “
(oleh : Muslailati S.Pd, wakil kesiswaan MAN Pegasing)
            Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang sudah ditetapkan dalam kurikulum 2013, mulai tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan ekstrakurikuler yang memang harus diikuti oleh seluruh siswa, kecuali siswa yang pada kondisi fisik tertentu tidak memungkinkan untuk kegiatan tersebut. Segala bentuk keikutsertaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler wajib, sangat berpengaruh terhadap kenaikan kelas nantinya.
            Menyikapi hal tersebut, MAN Pegasing menggelar acara Gebyar Pramuka Persami di bumi perkemahan MAN Pegasing pada hari Sabtu dan Minggu, mulai tanggal 14 s/d 15 Pebruari 2015. Menurut Wakil kepala bidang kesiswaan ibu Muslailati S.Pd, acara tersebut dilaksanakan dengan tujuan utamanya adalah :
1.      Merekrut anggota Pramuka baru dengan jumlah yang sebanyak-banyaknya sekaligus membubarkan anggota pramuka yang sudah duduk di kelas XII.
2.      Mengekpose MAN Pegasing untuk lebih dikenal dan diminati khususnya oleh siswa dan siswi tingkat SMP/MTs , karena Tahun Ajaran baru akan segera tiba.
Kegiatan Gebyar pramuka Persami di bumi perkemahan MAN Pegasing, diikuti oleh beberapa sekolah yang berada di kabupaten Aceh Tengah, mulai dari tingkat SMP/MTs sampai tingkat SMA/MA. Meskipun dalam acara Persami ini tujuan utamanya adalah pelantikan anggota baru gudep pramuka MAN Pegasing, tetapi dalam usaha mengekspose MAN Pegasing agar lebih banyak diminati oleh calon peserta didik pada tahun ajaran baru mendatang, maka dalam kegiatan ini MAN Pegasing mengadakan acara lomba antar sekolah/madrasah.
Menurut ketua pelaksana kegiatan, bapak Fakhruddin SE selaku pembina pramuka pada MAN Pegasing, jenis lomba dalam kegiatan gebyar pramuka Persami antar Gudep pada MAN Pegasing diantaranya adalah lomba MTQ, lomba memandikan jenazah dan shalat jenazah, lomba tata tenda dan tata boga, lomba pentas seni dan lomba ilmu kepramukaan, meliputi LKBB, HR ( haral dan rintang), yel-yel, semaphore dan morse. Ini merupakan hasil musyawarah panitia pelaksana yang terdiri dari wakil kepala madrasah, pembina pramuka dan anggota DKC.
Meskipun pelaksanaan kegiatan ini membutuhkan dana yang tidak sedikit, namun kepala MAN Pegasing Amiruddin S.Pd selaku Kamabigus MAN Pegasing sangat mendukung penuh kegiatan ini. “ Semua kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membawa hasil yang positif terhadap peserta didik khususnya, apalagi mampu mengekspose nama MAN Pegasing menjadi madrasah yang banyak diminati oleh masyarakat, saya akan dukung dengan segenap kemampuan saya,” demikian penuturan kepala MAN Pegasing.
Sebagai pelaksana penuh kegiatan gebyar pramuka persami pada MAN Pegasing, dilakukan kerjasama dengan anggota DKC kabupaten Aceh Tengah. Bertindak sebagai pembina dalam acara pembukaan, upacara api unggun dan pembina pada pelantikan serta penutupan adalah kak Drs. Nopia Dorsain. Dalam amanatnya dalam acara pembukaan, kak Nopia dorsain menyampaikan bahwa jiwa pramuka hendaknya tertanam dalam jiwa semua anggota pramuka, jiwa pramuka yang selalu jujur, rela menolong, cinta sesama, tertib, disiplin dan selalu mendukung semua kegiatan kemanusiaan tanpa pamrih. Dalam amanatnya juga kak Nopia Dorsain menyampaikan bahwa isi dasa dharma pramuka harus benar-benar melekat dalam jiwa anggota pramuka. Pada akhir amanatnya, kak nopia dorsain memberikan penegasan kepada seluruh personil yang terlibat dalam  kegiatan ini , agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh keseriusan dan tidak ada pihak yang merasa tidak puas dan dirugikan.
Selama pelaksanaan kegiatan, hasil pantauan penulis sekaligus panitia pelaksana, ternyata kegiatan berlangsung tertib, aman dan penuh keceriaan. Sangat terlihat antusias dari seluruh peserta dari setiap Gudep yang hadir untuk mengikuti semua kegiatan yang sudah tercantum pada jadwal/scheedul kegiatan. Pancaran keceriaan dan kepuasan terpancar dari wajah peserta , ketika setelah acara pelantikan, diumumkan  hasil yang diperoleh pada kegiatan lomba selama 2 (dua) hari, oleh koordinator dewan juri, ibu Samsi fitriani S.Pd.
Acara pelantikan serta penutupan gebyar pramuka persami MAN Pegasing, berlangsung dalam guyuran hujan yang sangat lebat. Akan tetapi hujan lebat ini tidak mampu membendung antusias dan cerianya seluruh peserta, terutama ketika gudep mereka disebutkan dalam daftar nama juara. Sorak sorai kegirangan dalam berbagai ekspresi , terlihat dari setiap gudep. Sebagai juara umum dalam kegiatan gebyar pramuka persami pada MAN Pegasing, berhasil diraih oleh gudep MTSN 2 Takengon, dibawahi oleh kamabigus ibu Mariani M.Pd. sebuah kebanggan bagi sekolah MTSN 2 Takengon, karena ternyata MTSN 2 Takengon mampu bersaing dan sukses diantara tingkatan sekolah yang berbeda. Seperti diketahui bahwa peserta kegiatan tersebut bukan hanya tingkat SMP/MTs, akan tetapi juga tingkat SMA/MA.
Selamat untuk seluruh gudep yang berhasil meraih hasil yang gemilang. Mudah-mudahan MAN Pegasing mampu menggelar event-event lainnya dimasa yang akan datang. Salam Pramuka!

" foto-foto seputar kegiatan gebyar pramuka persami di bumi perkemahan MAN Pegasing "











































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar